Bahaya Membersihkan Telinga Menggunakan Cotton Bud

Advertisement

Untuk membersihkan telinga umumnya kita menggunakan korek kuping atau cotton bud untuk membersihkan telinga, Alasannya tentu untuk mengeluarkan kotoran telinga yang di anggap sudah menumpuk.

Kotoran telinga di sebut juga dengan serumen, Kotoran telinga yang berwarna kuning dan berminyak sebenarnya berguna untuk menjaga telinga dari infeksi dan pertumbuhan bakteri yang merugikan di telinga.

Produksi serumen atau kotoran di telinga merupakan hal yang normal dan wajar terjadi, Kotoran telinga secara alami akan membersihkan telinga serta berguna untuk menjebak kotoran dan debu masuk ketelinga.

Sebenarnya kotoran telinga dapat keluar dengan sendirinya, Kotoran telinga akan keluar secara perlahan ke ujung telinga.

Namun terkadang kotoran telinga terasa menyumbat telinga sehingga banyak orang menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga.

Namun tahukah anda hal tersebut tidak di rekomendasikan para ahli, Karena apa? Karena Ada Bahaya Membersihkan Telinga Menggunakan Cotton Bud.

Bahaya Membersihkan Telinga Menggunakan Cotton Bud

Obat Tinnitus Herbal – Berikut paparan para ahli dan kasus sebenarnya yang menyebabkan penggunaan cotton bud tidak di rekomendasikan untuk mengeluarkan kotoran telingan.

Menurut Ketua American Academy of Otolaryngology Banyak orang yang sadar dan tidak sadar menggunakan korek kuping terlalau dalam yang membuat kotoran telinga semakin dalam masuk kedalam telinga.

Selain dapat memperdalam masuknya kotoran telinga, Mengorek kuping terlalu dalam pun ikut berbahaya karena dapat menusuk gendang telinga dan menyebabkannya robet.

Menuturnya menggunakan cotton bud sebagai pembersih telinga malah akan memperparah dan menambah masalah pada kesehatan telinga sehingga banyak para ahli tidak merekomendasikan hal inui utmnuk tidak dilakukan.

Dan di kutip dari liputan6.com ada kasus yang menyebutkan mendadak tuli akibat kapas cotton bud menyangkut di telinga.

Kasus tersebut di temukan oleh Dr. Kunal Karade dokter asal india yang merupakamn spesialis THT yang menemukan pada pasiennya yang mendadak tuli yaitu kapas cotton bud yang menyangkut terlalu dalam di telinga.

Hal ini menyebabkan pasien nya tidak bisa mendengar akibat dari tertutup kapas cotton bud.

Menurutnya jika anda pengguna cotton bud maka ini adalah peringatan bagi anda agar tidak menggunakan cotton bud di kemudian hari.

Lantas apa solusi untuk membersihkan telinga?

Dilansir dari informasi Dr.OZ Indonesia TransTV untuk membersihkan telinga yang benar dan baik anda hanya membutuhkan tisu dan jari kelingking untuk membersihkan telinga anda.

Caranya cukup dengan membalut jari kelingking dengan tisu kemudia bersihkan telinga anda.

Cara ini jauh lebih aman ketimbang menggunakan cotton bud karena tidak akan menyakiti telinga bagian tengah.

Itulah informasi Bahaya Membersihkan Telinga Menggunakan Cotton Bud dan solusi untuk membersihkan telinga secara aman.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda, Bagi anda yang peduli dengan kesehatan telinga saudara, keluarga dan teman anda tidak ada salahnya untuk menshare artikel ini ke sosial media, Share anda sangat membantu bagi orang orang di sekitar anda.

Baca Juga :

Advertisement

Bahaya Membersihkan Telinga Menggunakan Cotton Bud | obattinnitus | 4.5